5 Juta Peso Menghargai Uang Untuk Palparan Capture

Pemerintah Filipina baru-baru ini memberikan hadiah uang P500,000 Philippine Pesos untuk menangkap Mayor Jenderal Jovito Palparan Jr. yang sudah pensiun karena kejahatan penculikan dan penahanan ilegal.

Menurut Filipina kejadian saat ini, Palparan adalah target dari surat perintah penangkapan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Persidangan Regional Bulacan atas dugaan keterlibatannya dalam hilangnya dua aktivis mahasiswa Universitas Filipina pada tahun 2006.

Meskipun ada pembicaraan tentang penyerahan diri, antara utusan-utusan Palparan dan pemerintah, kemungkinan penyerahan diri semakin kecil seiring berminggu-minggu berlalu. “Kami menduga bahwa penyerahan diri sudah tidak aktif,” kata Robredo ketika ditanya apa yang mendorong pembangkitan hadiah itu.

Ditanya apakah ini berarti kamp Palparan telah mengindikasikan dia tidak akan menyerah lagi, Robredo berkata: “Tidak juga. Tapi setelah seminggu, kecuali dia berkomunikasi dengan pemerintah lagi, kami menganggap dia tidak menyerah lagi.”

Masih di Negara

Pada saat Palparan bersembunyi, banyak yang takut bahwa dia sudah meninggalkan negara sebelum melepaskan perintah keberangkatannya. Kelompok hak migran Migrante mendesak pemerintah untuk meluncurkan perburuan internasional untuknya.

Namun, Direktur Jenderal Polisi Nasional Filipina Nicanor Bartolome mengatakan kepada wartawan bahwa informasi yang dikumpulkan PNP menunjukkan bahwa Palparan masih berada di negara tersebut.

Meskipun PNP General tidak akan membocorkan informasi apakah Palparan berada di Luzon, Visayas atau Mindanao, dia mengatakan bahwa “yang penting adalah dia [Palparan] belum meninggalkan negara itu.” Ditanya apakah penangkapan Palparan sudah dekat, Bartolome menjawab: “Mudah-mudahan.”

PNP Generatl Bartolome juga mengatakan bahwa PNP memperlakukan setiap informasi dengan hati-hati dan bahwa uang hadiah harus mendorong orang untuk membantu menyiramnya.

Menjamin Keamanan Palparan

Menurut Peristiwa Saat Ini di Filipina, salah satu alasan mengapa Palparan belum menyerah adalah karena ketakutannya akan hidupnya. Bartolome mengatakan kamp Palparan telah meminta kepastian PNP bahwa dia akan berada di tangan yang aman jika dia dibawa ke tahanan. Utusan untuk Palparan menginginkan jaminan keamanannya tidak akan dikompromikan, kata Bartolome. “Kami meyakinkan mereka bahwa dia akan diamankan dengan benar,” katanya.

Dia mengatakan Palparan, yang bersembunyi sejak pengadilan memerintahkan penangkapannya sehubungan dengan hilangnya aktivis Karen Empeno dan Sherlyn Cadapan, tidak memiliki alasan untuk takut akan hidupnya jika dia dibawa ke tahanan PNP.

Bartolome juga dikonfirmasi menerima orang-orang dari kamp Palparan tentang kemungkinan penyerahan dirinya.

“Ya, kami juga telah menerima penyerahan diri. Kami berbicara dengan beberapa orang,” kata Bartolome. “Kami akan selalu memberikan pertimbangan ini, semua informasi yang kami dapatkan dari masyarakat dan dari mereka yang ingin bernegosiasi.” Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs kami di